nansan_ogawa (nansan_ogawa) wrote,
nansan_ogawa
nansan_ogawa

DAY 3 (2012.10.05)

Matsuyama, Ehime.
Jam 6:00 pagi, udah sampe aja,.. aji gile, padahal beda pulau... jam segini gw mau ngapain coba huh.....
doh..... mata masih kicep2 diturunin di pinggir jalan pula (maksud gda kantor official willerekspress kaya di Umeda geto) lalala~~*
Tapi yang paling utama gw harus jalan ke arah mana.... planning sih ke Dogo Onsen.

Dogo Onsen, termasuk onsen tertua di Jepang. Dan Onsen yang menjadi inspirasi studio Ghibli dalam pembuatan animasi
Spirited Away :) Walaupun gda list-trip ke Studio Ghibli kali ini, setidaknya mencicipi inspirasinya aja :D

Jalan ngikutin beberapa orang yang barengan turun dari bis, dan diiiingiiiinnn bo~
Dan nemu Matsuyama-shi station :) dari sini, ke Dogo Onsen gmn cara...
tanya ke orang yang turun barengan sama gw, ntah dia takut/ngga tau dia agak2 menghindar , wew~ baca petunjuk sekitar
oh bisa naik Tram line 3! Ooke nunggu itu tram dateng dan naik. Mirip kereta cuma kecil kaya bisa, tapi ada jalurnya~ walau masih pagi tp udah lumayan rame. Dan (kalau mau turun di pemberentian berikutnya harus pencet bel) gw pencet bel waktu mendekati Dogo Onsen (tp dodol jga buat apa, toh Dogo Onsen itu pemberentian terakhir...krik)

Pas turun udah disambut oleh Botchan Karakuri Clock.

^ini keadaan udah agak siangan jam 9-10 (JPT).
Itu ada susunan jam tinggi (kiri) yang menggambarkan tingkatan level Dogo Onsen, dan juga sebelahnya 'Ashi-yu' (kanan) ada kolam FREE, kalo mau ngerendem air panas. Botchan Karakuri Clock setiap jamnya bunyi akan jd tinggi, dan boneka2 menari-nari dan ada musiknya :)

Karena saat ini masih terbilang pagi, sekitar jam 07.30 (JPT), lingkungan sekitar sini masih sepi dan gelap (gag gelap2 juga sih).
Dan disebelah kiri Botchan Karakuri Clock ada Billboard MAP Dogo Onsen dan sekitarnya, lumayan besar. Jadi dari sini, masuk ke lorong arcade shop (bnyk yg jualan2 gift, makanan dll) sebelum sampe di Dogo Onsen, and karena masih pagi belum pada buka.

Sambil geret-geret koper, ngikutin jalan arcade dan sampelah ke Dogo Onsen.



Udah ada beberapa turis lokal yang keluar dari Dogo Onsen, ataupun poto2 di depannya, tapi gag rame-rame amat (apa karena masih pagi dan ini bukan weekend, tp hari Jum'at). Sejenak gw poto2 sekeliling, dan masuklah.
Disambut sama ibu-ibu setengah baya, langsung gw sodorin uang 1.500円.

Jadi Dogo Onsen ada tingkatan Levelnya dari yang paling murah 400-800-1.200-1.500円
Karena gw muslim dan malu kalo mandi campur gw pilih Level 4 (paling mahal *sombong)
Level 4:
1500 yen, 6:00 to 22:00 (entrance until 20:40)
Additionally includes access to a private tatami room on the third floor for relaxation. "Botchan Dango" sweets are served instead of crackers. Stay for up to 80 minutes.

Then itu Ibu-ibu kasih gw tiket dan kasih arah dimana kamar gw (tanpa di antar, eeeeee?!!)
ya udlah, jalan ragu2 dan tiba2 ada kostumer lain ngeliat gw dan udah mau ngajak/ngarahin gw ke kamar LEVEL 1 atau 2, dan buru2 si ibu-ibu setengah baya yang jaga di depan tadi ngecegat kita, dan nuntun gw ampe tangga.
Krik....
naik tangga yang aga curam, kecil pula sambil bawa2 koper ~ alamak......
sampe diatas udah ada karyawan lain yang ngasih tau di mana letak kamar gw.



pemandangan dari luar kamar


then ganti bajulah gw :)

Keluar kamar dan turun 1 lantai ke bawah udah ada bapak2 tua, memberikan arah dimana private onsen untuk konsumen Level 4.
(duh deg2an mandi bareng sama orang2 ta dikenal (///,////))
deg...deg...deg... *baju dan yang lainnya di tinggal di locker dekat pintuk masuk kolam. Cuma bawa kunci dan anduk kecil~.
Pintu dibuka ada kata sambutan "ohayou~..." ah ada perempuan (agag gag engeh itu nihonjin atao org asing kaya gw)
dia lagi mandi (bilas) duduk menghadapan kanan. *Peraturan yg gw baca sebelum nyemplung ke kolam onsen kita harus bebersih dulu
So gw duduk mandi dulu, menghadap berlawanan dengan tamu perempuan yang sedang mandi.
Waktu gw lagi mandi tiba-tiba itu perempuan keluar,... eh... means I'm alone! 1 ruangan kolam onsen yang bisa cukup untuk 5-8 orang ini
cuma ada gw?!!!
Wiiiiiii~
Selesai mandi gw nyemplung deh~ angggeeettt enak banget!!!! (Walau agak was-was ada orang lagi yang tiba-tiba dateng)
cukup relax~
(karena dibatesin waktu cuma 80 menit) dan gw gag tau gw udah berapa lama di dalam kolam itu, gw keluar sekitar jam 8 (JPT)
balik ke kamar, (di dalam kamar udah di sedian hairdyer) dan udah disediain,

Walau porsinya kecil dan gw belum sarapan apapun, green tea dan kue dangonya eeeeennnnnnaaaaakkkkk banget!!!!!
Selesai beberes dan ganti baju, keluarlah gw dari Dogo Onsen, walaupun masih pengen lama-lama disini huuhuhu
Ngelewatin arcade shop, beberapa toko udah mulai buka,


^ini cake khas disini 'Taruto', tp karena takut uang habis jadi gag jajan deh,
dan banyak jualan yang berbau jeruk/orange mandarin (temen2 udah bilang di Ehime mungkin orang2 lebih sering minum jeruk daripada air mineral karena saking melimpahnya).

^nemu kucing endut ini, eh gila kucing liar lokal ndut gini!
Di Indonesia mah... kuru-kuru (=_=")

Balik lagi ke tempat Botchan Karakuri Clock
eh koq ada rame2, iya sih liat di internet hari ini ada festival perayaan (ntah apa itu)


Dan sepertinya belum mulai, masih prepare ini-itu.
hmm kemana lagi gw ya~ oh mau naik Botchan Train aja di,

Waktu mau beli tiketnya harus masuk ke dalam toko di statiun (seperti yang ada di gambar), cuma gw agak norak ni pintu gda gagangnya, tapi klo pintu otomatis koq gag kebuka sendiri..... hmmm dan ingatlah gw cerita temen yang ke Jpn bulan maret lalu, di Jpn ada pintu otomatis, tp tetep aja harus pencet tombol (betuknya gag bulet juga sih) baru itu pintu kebuka otomatis...(+_=") Dan benar aja, beli deh tiketnya seharga 300円 sekali jalan, di tiketnya dikasih nomer pembeli ke berapa.
Si kereta belum beroperasi, masih stay di kandangnya. Baru mulai beroperasi jam 9 (JPT) *kalo gag salah inget.
dan tibalah kereta itu siap, ada panggilan2 no.1 dari staff keretanya, Ah! itu gw!


Setelah semua penumpang masuk dan kereta mulai berjalan,



semenit kemudian, salah satu staffnya berdiri dipintu (seperti di gambar)
dan ngoceh2...yang overall gw gag ngerti sama sekali XDDD~
tapi intinya sih ngejelasin spot2 dari kota ini dan sejaran Botchan.
dan sebelah gw pun ibu muda mau ngajak ngobrol gw (ah~!) gw jawab maaf, bhs jpn saya belum lancar...
dan dia senyum, mengerti~~* maap kakak.

Lalu sampai di Ichibancho, gw liat ada Starbucks, gw mikir service Starbucks dimana2 sama, udah internasional SOP
so gw turun (gag jadi keliling2 Ehime pake Botchan). Masuklah gw ke Starbucks, jujur bingung pesen apa~
(gayanya, di Indonesia gw hampir gag pernah ke Starbucks, bisa diitung pake jari kali dalam seumur hidup gw ini *lebay tapi beneran, gw gag suka minum kopi, cuma suka wanginya. Gw prefer tea).
Alesan masuk Starbucks adalah gw butuh internet dan ngecash iPad tapi,... krik starbucks Jepang sama Indonesia BEDA!
Pertama gda colokan yang bisa buat gw bebas colok mencolok (maksud untuk barang2 elektronik)
Keuda manah ini Free WiFi, okeh emang ada, harus sign-up dulu dan bayar?? What, hanya terima Visa Credit Card,... krik
(cc yang gw bawa punya temen ini juga, adalah master card) langsung mayun! Mana ngantuk parah lagi...padahal baru mandi dan gw udah cuci muka juga, doh nih percuma minum kopi mahal starbucks gag mempan, malah kembung (damn maag gw gag kuat) dan yang ada pengen pipis melulu.
Dahlah daripada tidur di Cafe, internetan gag bisa, baca novel yang ada malah makin ngantuk... gw putuskan pergi ke Otemachi station (niatan mau taro koper, di coin locker).
Setibanya gw disana, krik.... gda coin locker Eeee~? *mayun pertama
ya ud gw beli tiket aja dulu buat nanti pergi ke Ishitegawakoen jam 6 sore nanti aja. Berdirilah di depan mesin penjual tiket dan ngga ada pilihan bahasa Inggrisnya, HUH?! *mayun kedua TERUS GMN INIH!
Tapi untungnya ada petugas yang stand by (cuma seorang pula), gw tanya (sasuga dia gag bisa bahasa Inggris sama sekali, hajarlah) gw tanya kalau ke Ishitegawakoen berapa? (jujurnya gw udah tau dari Otemachi akan melewati Matsumayashiekimae dulu baru tiba di Ishitegawakoen) , dia ngejelasin dengan semangat dan ngasih jari angka 2, dan nanya ngerti? gw jawab hai~*sambil ngangguk.
Dan akhirnya dia yang pilihin tiketnya buat gw~ wew, Makasih paman :)

*sempet tanya disini ngga ada koin locker?dia jawab ngga ada sama sekali... ya ud pasrah geret-geret ini koper berupa backpack-trolly ini.

Dan waktu udah siang aja, gw laper, dan niat mau cari mesjid dikawasan ini, liat di peta sih ada , waktu nyari di web Ehime, Matsuyama juga ada Islamic Center. Letaknya gw pikir bisa jalan kaki dari Dogo Onsen atau berhenti di Minamimachi, tp gw agak penasaran sama persiapan semacam festival di Dogo onsen tadi pagi. Naiklah gw tram lagi kesana.
Setibanya disana, orang-orang masih pada rame, tp ini udah kelar atau belom mulai yes?


Berhubung gw laper gw beli onogiri dan pocari sweat di Lawson deket situ, dan duduk di pinggiran sambil liatin orang-orang pada sibuk (agak ngeri sih sebenarnya, boleh deket-deket atau ngga, tp liat masih banyak yang duduk ya gw cuek juga).




Cukup lama gw duduk merhatiin tp koq gag mulai-mulai,... apa udah kelar sih?
Berhubung udah siang (waktunya sholat Dzuhur dan gw ngantuk) gw berpikiran numpang sholat disana dan tidur kalau boleh sampai Ashar. Tapi mesti kemana gw, awalnya gw coba menyelusuri jalan sebelah rel Botchan *sambil menatap peta, tapi agak ragu.
Alhasil gw datengin penjual tiket Botchan yang tadi pagi itu, gw tanya sambil nyodorin peta dari iPad, gw bilang kalau mau kesini dari sini jalan kaki bisa ngga? dia bilang jangan mending turun di Minamimachi terus jalan dari sana. hmm Ya ud gw turutin aja.

Naik tram, dan turun di Minamimachi. Jalanlah gw mencari Islamic Center itu dengan mengikuti peta yg gw anut (eh gw bawa via iPad) & gw udah sempet searching penampakan itu mesjid waktu di Indonesia, kya gini,

Nah masalahnya, ini bertempat di sebuah komplek perumahan yang bentuk rumahnya satu sama lainnya mirip! Ditambah keadaannya sepi, asli sepi banget!!! Gw udah berniat tanya ke orang kalo ketemu tapi waktu muter-muter ga da satu orangpun.
Ini pada kemana yak, ampe suara si koper gw geret-geret terdengar jelas, ampe malu (takut bangunin/ganggu orang-orang yang di dalem rumah), akhirnya gw tenteng aja *tapi ini berat bo!
Cukup lama gw keliling, dan kayana udah sesuai dengan petunjuk tapi koq gag ketemu sih....hiks
Nyerah (untuk ke-2x nya ngga nemu mesjid (TT^TT))
Ehime-Matsuyama_islam center
^potongan peta yang jadi acuan gw~

Gw berpikir kembali ke Otemachi aja, (sebenarnya banyak objek wisata yang bisa dikunjungin, tapi apa daya, mata udah bener-bener ngga kuat... ngantuk to the max). Dan sempat melakukan kedodolan salah naik tram, line-nya Matsuyama City Station. ... krik
Wew,... dari sini ke otemachi gag terlalu jauh sih kayana gw jalan kaki aja deh (padahal klo tau gini ke ishitegawakoen bisa dari sini, cuma udah terlanjur beli tiket dari otemachi *mayun)

Wiiiidih ternyata lumayan jauh juga... dan ribet geret-geret ni bawaan (=_=")
Sampe di Otemachi gw cuma duduk, nyari tempat pw buat duduk dan tidur ayam.... saat ini masih jam 3 sore (JPT)
dan niat ke Ishitegawakoen jam 6 sore (JPT) karena konsernya baru mulai jam 7 malem (JPT)
Tidurnya agak ga enak karena takut tiba-tiba di usir atau gag enak sama pengunjung yang dateng, jadi terkadang terbangun.

Tibalah jam 6, yosh kereta lewat langsung gw naik. ga sampe 3 menit udah nyampe dan... .. . krik.
Ini beneran krik..krik... keluar dari kereta gda petugas (at least seperti di otemachi) dan penampakan station Ishitegawakoen bener-bener desa!



^sama seperti semua gambar2 diatas, bedanya gw dalam keadaan gelap.
So gw harus kemana mencari Salon Kitty Live House kalau gini caranya??? Mau tanya kesapa??? Gelap pula (o_O)

Clingak-clinguk ngeliat ada sepasang anak smp lagi duduk (curiga sih lagi berantem) , dan gw ada majalah gratisan yang gw ambil di station sebelumnya dan memuat kolom kecil tentang Konser ART-SCHOOL hari ini di Salon Kitty Live House.
Gw tanya aja sambil nunjukin itu majalah ke anak smp cowo dulu.. terus dia mikir, dan akhirnya nanya ke yg cw, dan respon si cw-nya itu malah buang muka... ups! beneran lagi berantem (-_-;) maapin adek.... ya udlah mending gw kabur, makasih ya dek~ walaopun ngga membantu gw ucapkan.
Hmm gw inget2 Salon Kitty itu di google map dari sini itu lurus ke arah depan, bukan membalik dari station. Ok, tp ini ada dua jalur kiri atau kanan.... gw coba kanan dulu deh. Jalannya ngga ada buat pejalan kaki, gda lampu pula, yang ada mobil lalu-lalang... errr... gw kayna salah deh, mending balik lagi. So gw putuskan ke arah yang sebelah kiri, nyebrang jembatan dan ternyata ada jalan setapak melewati taman, gw ikutin ajah (seiring kata hati gw, klo ngga ketemu gw pulang aja, maksud pulang ke otemachi nungguin bis willer buat ke Osaka lagi, bukan pulang ke Indonesia yak).
Dan tiba-tiba di ujung taman, ada rame-rame, doh boleh lewat ngga ya.... daah bodo, sapa juga yang mau godain cw asing bercosplay pula, dan melihat cahaya terang AH! INI SALON KITTYnya KETEMU YAY!!!!!


Ngantri masuk, karena masuknya pun harus sesuai no.urutan yang tertera di tiket~
ART-SCHOOL ticket
dan jangan lupa bayar 500円 sebagai tambahan untuk minum nanti di dalem (kalau diadain di Live House suka gini)
karena baru pertama kali, gw aga panik karena nyari duit gopean, dan masuklah gw ke dalam cafe ini... eia gw gag nyari2 ada coin locker atau ngga, lagipula ngga ada larangan atau staff yang kasih petunjuk :3
So gw nonton konser rock sambil bawa-bawa backpack-trolly dounk! XDDDD~
Gw juga sempet sms ke S-さん (yang udah bantuin gw beliin tiket ini) kalo gw udah di Salon Kitty :)
Alhamdulillahnya ngga rame/sold out paling cuma 70orang yang nonton atau kurang, mungkin karena hari Jum'at dan ini bukan kota besar.

intermezo:
Sebenernya gw bukan fans dari ART-SCHOOL, gw gag pernah kuat sama suara vocalistnya Riki, ASLI JELEK SANGAT!
gw heran napa dia laku ampe di kontrak Sony.jp dan bnyk fansnya (=_=") tp mank lucu sih *dimata gw XDDD~
Tapi yang awalnya bikin tertarik krn ART-SCHOOL itu ex-bassitnya adalah abang Hinatch a.k.a Hidekazu Hinata (yang sekarang di Straightener (utama) dan NCIS, EOR, KILLING BOY, FULLAMOR, etc) , terus gantinya, supporting bassitnya yang sekarang Kentaro Nakao ngga kalah keren, karena bisa menenggelamkan suara jeleknya Riki *lol*
Dan poin paling bias-nya lagi adalah, waktu dilema memutuskan nonton mereka jauh2 dari Osaka kemari adalah tweet mention dari gitarisnya Toddy dan juga Nakao.
Gw tanya ke mereka, kalau gw dari Indonesia, jadwal trip gw di Jpn pas sama konser mereka di Salon Kitty gw nonton gag ya, karena jadwal bis malemnya aga mempet. Dan Toddy menjawabnya

source
Dan waktu tiket udah didapat gw laporan ke mereka semua dan di reply oleh Toddy dan Nakao <3 <3 <3
Riki emank sombong, disuruh ke Indonesia aja, dijawabnya "jauh" (=_=") apeu kau bang,

Sebelum ART-SCHOOL maen, ada opening act. yaitu ACO (udah gw pelajari materinya via youtube waktu di Indonesia) tp gag cuco,
kenapa juga opening.actnya gw ngga kebagian THE NOVEMBERS sih~ dan asli gw ngantuk banget... hampir tidur sambil berdiri.
Selesai ACO, layar ditutup dan sepertinya mereka sedang check-sound, hmm agag lama juga, gw sempet ke toilet, tanya ke mba2 penjaga bar, dan ternyata toiletnya campur... er,.. karena gag yakin dan aga ragu2 ada cw dibelakang gw, dia mempersilahkan gw masuk duluan, dan didalem ada 2 pintu, tambah bingung.. dan si cw bukain pintu pertama (kloset duduk) dan pintu kedua (kloset jongkok) dan si cw mempersilahkan gw untuk memilih duluan, dan gw pilih yg duduk serta gag lupa gw bilang arigatou sambil manggutin kepala~ dan dia cuma senyum~ aiihhhh baiikkkkkkknya!

Keluar toilet mereka belom mulai juga, dan galama tirai dibuka,
Jreng!!!!!
"BABY ACID BABY" langsung dibawain! Widiiiihhh mata gw melek seketika! Jari-jari abang Nakao seksi abissssssss, aku terpesona~
(dan pada dasarnya gw bukan fans mereka, yg gw dengerin cuma album Baby Acid Baby)
Ga apal list lagu-lagu mereka yang dibawain apa aja, tapi gw tetep enjoy, jari seksi dan auranya Riki tetep terasa (walau diawal Riki suaranya gag karuan, pasti mabok lagi XD~) eia... drummernya koq bukan Fujita , melainkan Sakurai (ex-drummernya ART-SCHOOL sendiri, semasa barengan sama abang Hinatch) lah... dan waktu mereka MC , mereka jelasin klo Fujita lagi sama band utamanya dan Sakurai dadakan gantiin lah...
Overall konsernya keren, gw gag berani nyapa Toddy padahal kalau mau dan berani sih bisa aja, sepi gini~ tp maluuuu~

Selesai konser gw haus, nukerin kupon minum yang tadi, tapi list di papannya pake katakana dan gw susah baca katakana, ngerinya gw nunjuk apa taunya dapet beer... gw mau beli mizu aja, tp si mbanya malah nanyain kuponnya dan gw kasih~ dapet deh minum (eits sebotol air mineral 50.000 hahahaha) dan lapak goods dibuka juga akhirnya, mesti buru-buru sebelum gw ketinggalan kereta terakhir ke otemachi atau gw gag bisa balik ke Osaka malem ini!

Cuma beli T-shirt (asli bahannya nyaman banget!) dan tote bag. (CDnya beli terpisah di Tower recods)

Selesai buru2 gw ke Ishitegawakoen station lagi, tiket gw udah beli sebelum kesini (antisipasi kalau antri)
Deg degan, bis Willer akan berangkat jam 22.55 (JPT) kereta terakhir jam setengah sebelasan kalau gag salah inget, ini konser kelar jam 21.55 (JPT) gw nungguin keretanya agak lama, dan ada yang lewat, masinisnya ikut turun mestiin penumpang naek dengan selamat, gw tanyalah ke beliau, ini ke otemachi bukan? Dia bilang bukan, tp (jeda sejenak) masuk aja gpp, bisa koq. Ya udah gw percaya aja, masuk dan duduklah gw di pojokan dengan kepala kereta belakang. Dan tiba2 si masinis yang tadi buka jendela kantornya dan ngajak ngobrol gw, (gw cengo) dia ngomong panjang lebar pake nihon-go, dan gw gag ngerti sedikitpun... tapi gw rasa intinya dia pengen ngejelasin kalau ni kereta gag berhenti di otemachi tp cuma di statiun berikutnya tp lo gag perlu kwatir karena lo bisa nunggu keretanya lebih nyaman daripada disana. Gw cuma mangguk2 kecil...Maap ya mas masinis, tp makasih banyak.

Turun di Matsuyamashiekimae, dan gw menunggu dengan gelisah koq kereta gw belom dateng2 ini kalau bisnya ninggalin gw gmn.... dudududu walaopun waktunya masih banyak.... Dan akhirnya keretanya dateng juga, gag sampe semenit nyampe otemachi, dan bisnya udah stand by di tempat gw di turunin tadi pagi, wew untung gag di tinggal...
daftar ulang ke stafnya gw dapet kursi no.1 dan sendiri~ YAY!
Syukurlah, alhmdulillah, bai bai Ehime, Matsuyama~

Selamat istirahat, besok kita sambut abang-abang NCIS di Namba Hatch, Osaka!

complete photos here
Tags: 2012, art-school, concert, japan, overseas, trip, 一人旅
  • Post a new comment

    Error

    Anonymous comments are disabled in this journal

    default userpic

    Your IP address will be recorded 

  • 2 comments